Kamis, 04 Juli 2013

PROPOSAL BISNIS

PROPOSAL BISNIS
“SIREGAR CATERING”

1.1  Latar Belakang Perusahaan
Dimulai dari usaha kecil – kecilan yang di rintis oleh Ibu jamiah dan keluarga, tujuan awal hanya ingin menambah penghasilan demi menghidupi ke dua anaknya. Awalnya usaha catering yang bernama “Siregar Catering” ini di mulai dari menjual nasi uduk di depan rumah setiap pagi untuk para karyawan pabrik yang berada di sekitar rumahnya, lalu usaha mulai meningkat tidak hanya menjual nasi uduk tapi juga lontong sayur, lama kelamaan semakin meningkat akhirnya Ibu jamiah pun menjual makanan jadi untuk para karyawan dan warung nya buka dari pagi hingga sore. Semakin banyak pelanggan dan pundi – pundi yang dihasilkan maka Ibu Jamiah pun mulai meningkatkan lagi bisnisnya dengan membuka sebuah usaha catering, yang sekarang di beri nama “Siregar Catering”
Saat ini “Siregar catering” sedang berusaha mengembangkan bisnisnya ke luar daerah, tidak hanya di daerah Serang saja, tempat keluarga Ibu jamiah tinggal . tapi juga .keluar daerah seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor dll.

1.2  Analisis Pasar dan Pemasaran
a.      Segmentasi pasar
1.      Demografi : Wanita dan  pria (berbagai usia)
2.      Geografis : Usaha “Siregar Catering” saat ini masih berada di daerah Serang tepatnya di Cikande, namun saat ini sedang proses untuk membuat cabang di berbagai kota – kota besar
3.      Psikografis : Siregar Catering bisa di konsumsi oleh masyarakat kalangan bawah atau atas, karena Siregar catering memiliki paket – paket menu makanan dari berbagai harga. Mulai yang murah sampai yang mahal
4.      Behavioristik : Siregar Catering biasa di pesan oleh perusahaan – perusahaan untuk konsumsi para kayawannya, selain itu ada paket pesanan untuk catering pernikahan, ulang tahun, dan acara – acara lainnya.


b.      Pemasaran
      Pemasaran yang dilakukan oleh “Siregar Catering” adalah menggunakan cara word of mouth atau menyebarkan informasi dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh para pelangghan – pelanggan setianya terdahulu. Selain itu Siregar catering juga membuat flyer untuk disebarkan ke beberapa perusahaan – perusahaan untuk konsumsi para karyawannya.
1.3  Analisis Produksi
Siregar catering dalam produksi ia memiliki keunggulan, tidak hanya sekedar makanan  rumahan biasa tapi kita memiliki paket kuliner daerah, paket kuliner daerah yang spesial disini adalah masakan medan, sesuai dengan nama cateringnyaa yaitu diambil dari salah satu nama marga dalam suku batak. Nama tersebut diambil karena suami Ibu jamiah adalah orang batak yang memiliki marga Siregar, dan karena suami nya ahli membuat kuliner khas Medan maka paket kuliner tersebut menjadi andalan di sini. Tidak hanya masakan Medan, kita juga memiliki paket kuliner dari daerah lain seperti Jawa dan Sunda. Paket kuliner biasa di pesan untuk acara – acara pernikahan atau syukuran. Sedangkan untuk paket nasi kotak biasa Siregar catering memiliki varian paket dengan harga yang terjangkau dan sudah pasti masakannya enak.

1.4  Analisi SDM
Sumber daya manusia yang banyak sangat diperlukan dalam pengembangan usaha ini, mengingat Siregar catering berencana membuat cabang di berbagai kota – kota besar. Maka pada saat ini SDM sanggat diperlukan terutama orang – orang yang ahli dalam memasak.

1.5  Rencana Pengembangan Usaha
Rencana kedepan untuk usaha Siregar Catering ini adalah kita ingin membuat cabang di kota – kota besar seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor dan lain – lain. Selain itu demi pengembangan usaha kita akan malakukan promosi yang semakin gencar ke perusahaan – perusahaan.

1.6  Pemanfaatan Teknologi Informasi
Semakin berkembang nya teknologi informasi memudahkan kita dalam memasarkan suatu produk. Siregar Catering juga tidak ingin ketinggalan memanfaatkan teknologi informasi. Siregar catering akan memprosikan usahanya melalui twitter, facebook, blog dan lain – lain

1.7  Analisis Keuangan
Sewa ruko                                     : Rp. 20.000.000,-
Properti                                         : Rp.   7.000.000,-
Cicilan mobil per bulan                 : Rp.   5.000.000,-
Bahan baku                                   : Rp.   5.000.000,-
Gaji Karyawan 5 orang pe bulan  : Rp.   2.500.000,-
Brosur                                           : Rp.      500.000,-
Flyer                                              : Rp.      500.000,-
Bensin                                           : Rp.   1.000.000,-    +
                                                        Rp. 41.500.000,-

1.8  Analisis Dampak dan Resiko Usaha
Dalam usaha ini ada beberapa resiko yang harus di hadapi pemilik yaitu kurangnya modal, modal besar yang di butuhkan membuat usaha ini sedikit terhambat. Namun pemilik akan terus berusaha agar dapat mengembangkan usaha ini sedikit demi sedikit. Selain itu resiko yang harus di hadapi adalah banyak nya persaingan yang ada, pemilik harus bisa lebih meyakinkan konsumen agar tertarik menggunakan produk kami


1 komentar:

  1. Permisi gan pemilik blog izin bagi bagi info
    okeyprofits.com
    Lakukan modal penyertaan untung puluhan juta
    deposit 100 USD bonus 20 USD,1 USD x Rp.9.000,-
    keuntungan 2% persen perhari dari modal awal kontrak 100 hari
    untuk info lebih lanjut 0821 666 43133 M Rasyid
    Daftar Gratis

    BalasHapus